Tugas Rekayasa Kebutuhan 3 : Analisis MCAS pada BOEING

 



Maneuvering Characteristics Augmentation System(MCAS)

Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver merupakan stabilisasi penerbangan berupa program yang dikembangkan oleh BOEING. Sistem ini terkenal diduga karena perannya terhadap kecelakaan fatal BOEING 737 MAX yang sampai dituangkan dalam sebuah dokumentari karena menewaskan lebih dari 346 orang. Sistem ini merupakan bukti dari keserakahan manusia dimana sistem ini dirahasiakan dari pilot diperuntukan percepatan penggunaan pesawat tersebut. Saat menguji coba pesawat yang memiliki sistem ini, ditemukan kekurangan yaitu posisi dan ukuran mesin yang lebih besar cenderung mendorong hidung pesawt ke atas selama manuver tertentu. 
 Insinyur memutuskan untuk menggunakan MCAS untuk melawan kecenderungan itu, karena desain ulang struktural utama akan sangat mahal dan memakan waktu. Disinilah letak kesalahannya karena bahkan Administrasi Penerbangan Federal meyetujui penghapusan deskripsi MCAS dari manual pesawat sehingga tidak ada pilot yang mengetahui adanya sistem tersebut.

Identifikasi Requirements 

Functional Requirements 

  • Mengaktivasi sistem secara otomatis apabila identifikasi angle of attack besar
  • Flap tidak menjulur keluar, dan berbelok terlalu tajam. 
  • Menggerakan horizontal stabilizer ke atas.
  • Melakukan deaktivasi saat dioverride dengan manual trim, atau angle of attack mengecil.
  • Menurunkan hidung pesawat untuk mereduksi risiko stalling.

Non-Functional Requirements 

  • Availability : MCAS harus terotomatisasi dan siap dipakai kapanpun dibutuhkan saat pilot mengendarai pesawat.  
  • Reliability : Operasi penggunaan MCAS harus efisien dan stabil. 
  • Policy and Regulation : Policy dan regulasi dari FAA harus ditaati oleh sistem MCAS.
  • Documentation and Training : Awak kapal seperti pilot dan co pilot harus mendapat pelatihan khusus untuk mempelajari pengoperasian sistem MCAS pada pesawatnya.
  • Usability : Pilot harus bisa memahami dan menavigasi sistem control MCAS 

Kekurangan dan Masalah pada Sistem MCAS 

Pada analisis yang diberikan oleh dokumen yang menyelidiki sistem MCAS ini, masalah yang ada setidaknya dapat dideskripsikan sebagai 



Desain Buruk 

Sistem MCAS seharusnya di desain untuk dapat melakukan aktivasi sistem secara otomatis apabila terdapat identifikasi kondisi-kondisi yang terasa seperti anomali tertentu. Namun pada Boeing 737 Max tersebut, terdapat suatu program yang membuat MCAS membaca data yang salah. Hal ini menyebabkan terjadinya stalling. Satu hal ini saja sudah membuat sistem ini tidak layak dipakai karena tidak fungsional sesuai kegunaanya. Selain itu, desain yang terdapat pada pesawat seharusnya terdapat 2 AoA (Angle of Attack) sensor, MCAS hanya menggunakan satu, sehingga tidak ada switch otomatis ke sensor lainnya dan MCAS terus bekerja dengan data sensor yang buruk.  Terakhir yaitu seharusnya MCAS dapat mematikan dirinya sendiri apabila dioverride oleh pilot, sistem MCAS sangat susah untuk dilakukan override.



Pelatihan dan Manual Buruk

Kurangnya dokumentasi dan training dari pihak BOEING untuk para kru pesawat, terutama kepada pilot menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan besar tersebut. Para kru pesawat kebingungan menjalankan sistem ini dikarenakan juga desain yang salah sehingga hal ini menjadi domino yang menyebabkan kecelakaan tersebut.


Testing

Tentu Sistem MCAS yang dibuat ini minim dengan hal testing karena tujuan utamanya yang salah dan tergesa-gesa yaitu mempercepat penggunaan pesawat dan menghemat berbagai biaya, bukan untuk keselamatan para kru dan penumpang pesawat. Testing yang dilakukan pada pesawat Boeing 737 Max dilakukan dengan cepat dan dipenuhi dorongan dari manajer untuk mempercepat proses analisis dan membatasi satefy testing. Selain itu, laporan yang BOEING berikan kepada FAA untuk divalidasi tidak menyantumkan beberapa kekurangan dari sistem yang telah dilaporkan, error tersebut pun tidak ditindaklanjuti sehingga memang sistem tersebut belum matang untuk digunakan.

Referensi 

https://en.wikipedia.org/wiki/Maneuvering_Characteristics_Augmentation_System


Comments

Popular posts from this blog

Dashboard E-Wallet

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A - Tugas 2

Ujian Tengah Semester Rekayasa Kebutuhan (B) - GoBiz