Tugas 7 Rekayasa Kebutuhan B

 Senikerksu



Pada kesempatan kali ini, saya 

Nama : Vincent Yonathan

NRP :  05111940000186  

Akan menjelaskan tentang tugas ke 7 pada pelajaran Rekayasa Kebutuhan. Tugas ini merupakan lanjutan dari tugas Rekayasa Kebutuhan 4 tentang aplikasi Senikersku. Kali ini saya akan menjelaskan kebutuhannya terlebih dahulu agar fitur-fitur atau spesifikasi dari aplikasinya dapat diidentifikasi. Adapun hal-hal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
  • Salah satu upaya mendigitalisasi bisnis yang ada di Indonesia.
  • Memberikan aplikasi perangkat lunak lengkap dengan instruksi mumpuni.
  • Aplikasi dapat diandalkan dan selalu mendapat feedback yang positif.
  • Mendapatkan hasil yang mempermudah pelanggan serta admin dalam melakukan sebuah transaksi jual beli.
  • Menciptakan user guidance yang mumpuni bagi pengguna serta pemilik perusahaan.
  • Memberikan demo penggunaan aplikasi.
  • Upaya menggerakan roda ekonomi di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19.

Senikersku

Seperti yang telah dipaparkan pada tugas-tugas sebelum ini, Senikersku adalah merupakan bisnis yang menjual barang-barang fashion terutama streetwear yang berbasis di Surabaya. Berdiri sejak tahun 2019, Senikersku telah menjadi salah satu penjual streetwear terbaik di Surabaya yang telah memiliki 2 cabang di dua tempat yang ada di Surabaya. Senikersku didirikan atas adanya demand dari pasar untuk membeli barang yang sedang dalam trend dan sulit didapatkan, disitulah Senikersku hadir sebagai penyedia barang-barang tersebut. Sistem Senikersku yang dirancang adalah aplikasi sistem informasi yang digunakan untuk mengelola data-data mengenai  proses bisnis penjualan pakaian serta sepatu serta user (pembeli) yang dilakukan toko. 

Spesifikasi

Spesifikasi dari Senikersku yang telah saya identifikasi beserta dengan penomorannya dapat dijabarkan sebagai berikut 

(SKPL-UC01) Pembeli dapat Mengganti detail akun
(SKPL-UC02) Pembeli dapat Melakukan registrasi
(SKPL-UC03) Pembeli dapat Mencari barang 
(SKPL-UC04) Pembeli dapat Memilih barang di wishlist 
(SKPL-UC05) Pembeli dapat Melakukan pembelian 
(SKPL-UC06) Pembeli dapat Melakukan Chat Online
(SKPL-UC07) Pembeli dapat Melihat Ulasan Barang 
(SKPL-UC08) Pembeli dapat Melakukan Pembayaran
(SKPL-UC09) Pembeli dapat Mengisi Form Pembayaran 
(SKPL-UC10) Pembeli dapat Melacak Barang Pesanan 
(SKPL-UC11) Pembeli dapat Melihat Riwayat Pembelian 
(SKPL-UC12) Pembeli dapat Memberi Ulasan Barang

(SKPL-UC13) Admin dapat Mengelola Promosi Barang
(SKPL-UC14) Admin dapat Mengubah Status Pemesanan
(SKPL-UC15) Admin dapat Mengelola Data Barang 
(SKPL-UC16) Admin dapat Melihat Data Pembeli

Sedangkan, untuk Spesifikasi Quality Atributes atau yang dikenal dengan Non Functional Specification adalah 

(SKPL-NF01) Pengguna hanya dapat mengakses sebagian dari sistem
(SKPL-NF02) Admin hanya dapat mengakses sebagian dari sistem
(SKPL-NF03) Sistem memiliki tampilan yang mudah dipahami
(SKPL-NF04) Sistem dapat diakses melalui perangkat PC atau smartphone
(SKPL-NF05) Sistem dapat menjamin keamanan data akun pembeli
(SKPL-NF06) Sistem dapat diakses dari semua tipe browser
(SKPL-NF07) Apabila Sistem Error maka harus dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 30 detik
(SKPL-NF08) Sistem dapat menampung jumlah data yang banyak dengan user yang bertambah.

Sekian, terimakasih.


Comments

Popular posts from this blog

Dashboard E-Wallet

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A - Tugas 2

Tugas 6 PBKK A