Tugas Rekayasa Kebutuhan 4 : Elisitasi Senikersku

SENIKERSKU

Pada kesempatan kali ini, kami sebagai kelompok yang terdiri dari

Christian Bennett Robin         05111940000078

Vincent Yonathan    05111940000186


Akan menganalisa langkah awal rekayasa kebutuhan yaitu elisitasi dari project yang pernah kami buat yaitu Senikersku





Penyelenggara Aplikasi


Penyelenggara dari aplikasi ini merupakan Senikersku. Senikersku sendiri merupakan bisnis yang menjual barang-barang fashion terutama streetwear yang berbasis di Surabaya. Berdiri sejak tahun 2019, Senikersku telah menjadi salah satu penjual streetwear terbaik di Surabaya.


Sistem Informasi Jual Beli Sepatu Senikersku Secara Mendalam


Akhir-akhir ini proses jual beli seringkali dilakukan secara online melalui online marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Mungkin bisa dikatakan sekarang aktivitas jual beli secara online sudah merajalela dan sudah meluas. Online marketplace seperti yang tadi disebutkan tidak dikhususkan untuk satu hal saja, marketplace-marketplace tersebut menjual segala jenis barang (dan bahkan jasa) dari segala jenis merk.

Sistem Informasi Jual Beli Sepatu Senikersku mengkhususkan sistemnya untuk hanya melakukan aktivitas jual beli sepatu, dan juga beberapa hal lainnya yang masih berkaitan seperti topi, dan lain-lain. Walaupun sekarang sudah terdapat banyak online marketplace untuk berjualan sepatu, belum ada marketplace yang khusus untuk penjualan sepatu. Dengan adanya suatu marketplace khusus, baik penjual dan pembeli dapat lebih mudah dan spesifik jika ingin mencari/menjual sepatu, mulai dari model, ukuran sepatu, dan lainnya.


Elisitasi


Sebagai tahap utama daripada proses rekayasa perangkat lunak, Elisitasi memiliki tujuan yaitu untuk menemukan kebutuhan suatu sistem melalui komunikasi dengan pengguna untuk pengembangan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Proses elisitasi ini merupakan satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan dari perangkat lunak. Terdapat beberapa hall yang dapat dianalisis sebagai tahap elisitasi dalam membangun rekayasa perangkat lunak ini seperti stakeholder (Pihak Berhubungan), Tujuan, dan Kebutuhan daripada perangkat lunak tersebut. Beberapa hal tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut


Stakeholder


Organisasi Pengembang Aplikasi


Thrive Agency & Omni IT 


Tim Pengambangan Aplikasi


  • Project Manager

  • UI/UX Designer

  • Web Developer

  • Business Analyst

  • Quality Control 

  • Product Owner

  • Database Admin

  • Quality Assurance Tester


Pihak Lain (Diluar Pengembang Aplikasi)


  • Pengguna (tidak membeli)

  • Pembeli

  • Pegawai

  • Supplier barang


Goal(Tujuan)


  • Menyediakan platform yang bisa membantu masyarakat untuk membeli streetwear dengan mudah. 

  • Mendapatkan sistem yang konsisten dan selalu tersedia.

  • Mendapatkan keuntungan dari produk yang telah dijual.

  • Mendapatkan feedback yang positif dari pembeli.

  • Mendapatkan dan menganalisa data pembelian

  •  Menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. 


Kebutuhan Pembeli


  • Sistem dapat menyediakan fitur agar masyarakat dapat melakukan chatting dengan penjual agar mendapatkan info mendetail mengenai produk yang ingin dibeli.

  • Sistem dapat menyediakan fitur untuk pembeli agar dapat mencari barang yang diinginkan.

  • Sistem dapat menyediakan layanan agar pembeli dapat melakukan pembayaran untuk barang yang telah dipesan.

  • Sistem dapat menampilkan stock produk yang tersedia.

  • Sistem dapat membantu pembeli untuk melacak pengiriman dari produk yang telah mereka beli.


Kebutuhan Pegawai


  • Sistem dapat menyediakan fitur untuk mengelola data barang sehingga pegawai dapat mengelola barang yang ingin mereka jual.

  • Sistem dapat menyediakan fitur mengelola promosi barang agar pegawai dapat memberikan info tentang promosi terbaru.

  • Sistem menyediakan layanan melihat data pembeli agar pegawai dapat mengetahui alamat tujuan pengiriman barang

  • Sistem menyediakan fitur mengubah status pemesanan agar pegawai dapat menginfokan kepada pembeli status dari pesanan mereka


Kebutuhan Penyedia Pembayaran


  • Sistem dapat memberikan keuntungan dari tiap pembayaran menggunakan metode yang diasosiasikan dengannya.

  • Sistem menyediakan layanan yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan admin dan menerima laporan pendapatan.



Pertanyaan Interview


  • Apa yang berbeda dari marketplace ini dengan marketplace ternama lainnya seperti misalnya Tokopedia?

  • Bagaimana rencana proses bisnis dari sistem informasi ini?

  • Sistem seperti apa yang diinginkan?

  • Kebutuhan apa yang diperlukan?

  • Fitur apa yang diperlukan?

  • Apa kesulitan yang dialami sebelum mempunyai sistem informasi?
  • Bagaimana keadaan manajemen Senikersku sebelum dibentuknya sistem ini?





Comments

Popular posts from this blog

Dashboard E-Wallet

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A - Tugas 2

Tugas 6 PBKK A