Tugas Rekayasa Kebutuhan 2

SENIKERSKU

Pada kesempatan kali ini, kami sebagai kelompok yang terdiri dari

Christian Bennett Robin         05111940000078

Vincent Yonathan                   05111940000186


Akan menganalisa Requirement Engineering Process dari project yang pernah kami buat yaitu Senikersku.


SKPL SENIKERSKU

Berikut merupakan SKPL Senikersku yang berisi deskripsi sistem dan kegunaan sistem.


Requirement Engineering Process


Elicitating

Berdasarkan Proses Elisitasi yang dilakukan yaitu wawancara dengan pengguna dan pemilik dari toko Senikersku yaitu toko fashion yang berbasis di Surabaya, maka diketahui beberapa hal yang dibutuhkan dari Sistem tersebut, yaitu :


Pembeli / Pengguna :


  • Pengguna sulit membeli barang yang langka atau sulit didapatkan pada pasar Retail.

  • Kebutuhan pengguna dan pegawai untuk terhindar dari virus COVID-19.

  • Pembayaran yang cepat dengan penyedia metode pembayaran yang variatif.

  • Demand yang tinggi untuk belanja online dengan berbagai promo dan kemudahan pembayaran.


Pegawai :

  • Kemudahan dalam melayani pembeli lewat fitur chat online.

  • Pegawai dapat dengan mudah melakukan create, read, update dan delete pada sistem Senikersku.

  • Pegawai ingin terhindar dari virus COVID-19.

  • Pegawai memiliki jam kerja yang fleksibel.


Pemilik Toko :


  • Pemilik toko dapat dengan mudah mendapatkan laporan penjualan dan menganalisa laporan tersebut.

  • Kemudahan interaksi antara pemilik dengan agen penyedia pembayaran (Debit/Credit Card dsb)


Penyedia Pembayaran :


  • Kemudahan mengambil biaya kerjasama dan berinteraksi dengan pemilik toko.


Understanding

Setelah melakukan elisitasi permasalahan serta kebutuhan yang ada pada poin pertama, maka kami mencoba mendeskripsikan kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing aktor yang terlibat dalam sistem Senikersku. Berikut merupakan deskripsinya :


Pembeli / Pengguna :


  • Pembeli adalah raja dimana mereka selalu menginginkan kemudahan dalam mendapatkan hal yang mereka inginkan. Karena itu disini dapat dipahami bahwa pengguna menginginkan suatu barang dan barang tersebut kebetulan sangat sulit didapatkan pada pasar retail, maka pengguna dapat membelinya pada pasar resell dengan mudah di Senikersku. Pengguna juga pastinya ingin terhindar dari virus COVID-19 yang disebabkan kontak dengan manusia lain, karena itu mereka mengandalkan pengiriman dan belanja online sebagai metode utamanya. Faktor setelahnya adalah pembayaran dimana pengguna pasti menginginkan pembayaran yang cepat, sesuai dengan metode favoritnya dan apabila mungkin terdapat diskon didalamnya, karena itu pengguna membutuhkan variasi yang banyak dalam metode pembayaran berikut promosi yang tercantum dalam pembayaran tersebut.


Pegawai :


  • Pegawai yang dipekerjakan oleh Senikersku tentu juga ingin terhindar dari bahaya virus COVID-19 dimana mereka pun ingin melayani toko yang tidak terlalu penuh dan aman dari virus tersebut. Selain itu, mereka juga mendapatkan jam kerja yang fleksibel dari sini dimana mereka juga bisa melayani pembeli lewat fitur chat online yang disediakan dalam sistem senikersku. Selain itu mereka juga mendapat kemudahan untuk memodifikasi sistem untuk mengkonfirmasi pembelian, mengatur rating pada barang dan melakukan  create, read, update dan delete pada sistem Senikersku.


Pemilik Toko :


  • Pemilik toko menyatakan bahwa beliau hanya ingin untuk dapat dengan mudah mendapatkan laporan penjualan. Dari sana beliau dapat menganalisa laporan tersebut apakah sesuai target, apakah balance dan apa langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menambah penjualan. Selain itu, dia juga dapat mengatur kerjasama dan mempermudah interaksi dengan agen penyedia pembayaran seperti beberapa bank dan beberapa perusahaan e-money seperti GoPay, ShopeePay dan OVO.


Penyedia Pembayaran :


  • Penyedia pembayaran seperti bank dan perusahaan e-money juga pastinya menuntut kemudahan dalam berinteraksi dengan pemilik toko baik dalam urusan pengambilan uang ataupun perpanjangan kerjasama.


Specifying

Berikut merupakan Proses Specifying atau Proses Spesifikasi dari perangkat yang akan diperlukan dan/atau digunakan:


  • Dari SKPL yang digunakan, terdapat 2 macam aktor, yaitu Pembeli dan Admin.

  • Pembeli dapat melakukan registrasi, mengganti data akun, melakukan pencarian barang, melakukan pembelian barang, melacak barang pesanan, dan lainnya.

  • Admin dapat mengelola promosi barang, mengolah status pemesanan, mengolah data barang, melihat data pembeli, dan lainnya.

  • Pembeli dan admin dapat melakukan chat online dan melihat ulasan barang.


Validating

Tahap terakhir merupakan tahap Validating atau tahapan pengujian dan validasi jika sistem berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna:


  • Tahap pertama: Rancangan dari aplikasi yang dibutuhkan akan didiskusikan kepada stakeholder Senikersku

  • Tahap kedua: Melakukan testing pada aplikasi yang dikembangkan.

  • Tahap ketiga: Melakukan evaluasi dari aplikasi yang dikembangkan dan mengumpulkan saran dari stakeholder Senikersku.

  • Tahap keempat: Melakukan deployment aplikasi dan melakukan pemeliharaan sistem secara berkala / sesuai kebutuhan.

Output

  • Perangkat lunak aplikasi Senikersku

  • Server untuk aplikasi Senikersku

Comments

Popular posts from this blog

Dashboard E-Wallet

Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja A - Tugas 2

Tugas 6 PBKK A